Jumat, 14 Juni 2013

Bagaimana Menjaga Amandel Tetap Sehat ??

Bagaimana Menjaga Amandel Tetap Sehat?

Tak sedikit orang yang harus mengangkat amandelnya karena sudah terinfeksi kuman. Untuk itu ketahui langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan agar amandel tetap sehat.
Amandel adalah salah satu organ yang berfungsi menyaring bakteri dan agen-agen asing lainnya dari tubuh. Jika amandel bisa bekerja secara optimal, maka tubuh akan terlindungi dari infeksi bakteri atau virus.

The University of Texas Medical Branch menuturkan secara teknis amandel adalah kelenjar getah bening yang terbentuk selama bulan ketiga kehamilan. Letaknya antara mulut dan kerongkongan, amandel ini secara perlahan-lahan akan membesar hingga usia tertentu.
Jika amandel sudah terkena infeksi baik bakteri atau virus maka ia akan membengkak yang dikenal dengan istilah tonsilitis. Infeksi ini bisa berasal dari kuman yang terhirup saat sedang bernapas. Jika radang yang terjadi pada amandel sudah kronis, maka biasanya dokter akan melakukan operasi pengangkatan.

Ada beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan untuk menjaga amandel agar tetap sehat dan terhindar dari infeksi virus atau bakteri, seperti dikutip dari Livestrong, Kamis (18/8/2011) yaitu:

  1. Usahakan untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir untuk megurangi risiko infeksi. Bersihkan tangan sebelum makan dan setelah selesai dari kamar mandi, sehingga mengurangi kuman yang masuk ke tubuh.
  2. Biasakan untuk selalu minum menggunakan gelas pribadi dan tidak bertukar-tukar dengan orang lain, usahakan hindari berbagi barang seperti gelas, sendok atau garpu dengan orang lain.
  3. Usahakan untuk menghindari orang yang sedang terkena radang tenggorokan untuk mengurangi risiko tubuh terkena infeksi dari luar.
  4. Konsultasikan dengan dokter bisa merasa sakit pada tenggorokan atau mengalami pembengkakan di leher. Semakin cepat infeksi tersebut diobati, maka akan menjaga daerah tersebut dari kerusakan yang lebih parah.
  5. Gantilah sikat gigi setiap kali selesai mengalami radang tenggorokan atau pembengkakan pada amandel.
  6. Usahakan untuk mengonsumsi air yang cukup, serta hindari makanan atau minuman yang bisa merangsang iritasi seperti makanan atau minuman yang terlalu panas, dingin, asam atau pedas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar